Definisi Alkali Tanah

16 Nov 2012

Alkali Tanah adalah salah satu pembelajaran dari materi kimia yang mungkin belum 100% saya pahami dan terapkan pada kehidupan sehari hari dirumah maupun disekolah jadi anda harus mengenalinya dulu dari konsep dasarnya,jadi musti tau dulu Pengertian Alkali Tanah berikut ini lebih jelasnya saya terangkan dengan singkat.

Unsur-unsur golongan IIA disebut juga alkali tanah sebab unsur-unsur tersebut bersifat basa dan banyak ditemukan dalam mineral tanah. Logam alkali tanah umumnya reaktif, tetapi kurang reaktif jika dibandingkan dengan logam alkali. Namun dengan 2 elektron valensi (ns2) yang dimilikinya logam alkali tanah pun mudah melepaskan elektronnya membentuk senyawa dengan tingkat oksidasi +2.
Logam alkali tanah terdiri dari 6 unsur yang terdapat di golongan IIA. Yang termasuk ke dalam golongan II A yaitu : Berilium (Be), Magnesium (Mg), Calcium (Ca), Stronsium (Sr), Barium (Ba), dan Radium (Ra). Di sebut logam karena memiliki sifat-sifat seperti logam. Disebut alkali karena mempunyai sifat alkalin atau basa jika direaksikan dengan air. Dan istilah tanah karena oksidasinya sukar larut dalam air, dan banyak ditemukan dalam bebatuan di kerak bumi.

Adapun elemen dalam golongan alkali tanah adalah logam yang mengilap, warna putih keperakan. Logam alkali tanah yang tinggi dalam rangkaian reaktivitas logam, tapi tidak setinggi logam alkali golongan 1A.

Mau tau lebih jauh materinya ? baca selengkapnya di –> Pengertian dan Golongan Alkali Tanah


TAGS Definisi Alkali Tanah Golongan Alkali Tanah Lengkap Alkali Tanah Materi


Comment
-

Author

Follow Me

Search

Recent Post